SELAMAT DATANG HAPPY BLOGGING
Latest Updates

Tips mengatasi komputer panas berlebih/overheating


Saat menggunakan komputer dan terlalu asik kadang kita tak peduli bahwa saat itu komputer bisa saja mengalami panas berlebih,apalagi jika anda menngunakan komputer di tempat yang datar ,seperti kasur atau tempat yang bagian bawah/alas tidak ada celah.Nah kejadian-kejadian yang seperti itulah yang dapat menimbulkan gejala-gejala komputer menjadi panas berlebih atau sering disebut overheating bisa disebut juga dampaknya yaitu komputer sering mati sendiri tanpa ada peringatan.

Bila kejadian seperti itu dilakukan berulang tanpa ada pencegahan akan sangat mungkin bisa merusak komponon-komponon PC yang ada di dalamnya,dan bisa terjadi error pada RAM ,Mobo dst.

Penyebab terjadinya overheating pada komputer bisa beragam ;
Ada banyak hal yang bisa menyebabkan PC overheat/ panas berlebih, namun yang paling umum ialah disebabkan oleh speed cooling fan yang sudah menurun, kebersihan dan penggunaan. Penumpukan debu pada komponen PC dapat menyebabkan sirkulasi udara terhambat. Menggunakan PC dalam waktu lama, atau PC digunakan untuk menjalankan program yang berat, misalnya untuk bermain game – juga dapat menyebabkan panas berlebih.

Selain faktor yang telah disebutkan diatas, juga PC panas dapat disebabkan oleh terjadinya kebocoran arus pada power supply (PS) sehingga arus listrik yang masuk ke motherboard serta ke komponen-komponen PC lainnya lebih besar dari yang semestinya.Kerusakan pada windows akibat virus juga bisa menjadi penyebab dari overheating pada komputer.

Dan berikut ada beberapa Tips untuk mengatasi komputer yang terkena serangan Overheating:
1.Bersihkan debu yang menempel pada casing, baik yang terdapat dibagian luar maupun dibagian dalam casing. Juga debu yang menempel pada komponen PC seperti processor, fan, power supply, dan yang lainnya. Pastikan tidak ada lubang ventilasi yang tertutup debu. Gunakan kuas untuk membersihkannya.
2.Pemakaian Baterai
Masalah laptop overheating bisa pula disebabkan karena baterai. Umumnya orang mengisi daya baterai hingga penuh tetapi belum tentu digunakan. Meski laptop dalam kondisi mati, baterai yang terisi penuh mempu menimbulkan efek panas. Maka untuk menghindari panas dari baterai sebaiknya beterai dilepas bila laptop tidak digunakan.
3. Gunakan Cooling Pad
Cara lain mencegah overheating adalah menggunakan cooling pad atau kipas pendingin eksternal. Gunakan alat tersebut sebagai alas laptop agar suhu disekitar laptop lebih dingin. Selain itu pengguna disarankan menggunakan laptop di suhu ruangan yang sejuk.
4.Rubah kebiasaan menggunakan laptop. Pada laptop yang yang memiliki kipas pendingin di bagian bawah, anda harus menghindari menempatkan laptop di tempat tidur atau karpet atau tempat yang  mudah menutupi kipas pendingin sehingga menyebabkan laptop menjadi panas. Atau beli laptop stand, yang akan memberi ruang pada kipas pendingin untuk bekerja.
5.Periksa semua heatsink yang terdapat didalam PC, terutama heatsink processor. Pastikan semuanya terpasang dengan benar dan tidak miring. Bila perlu, periksa pasta dibalik heatsink. Apabila tampak kering, tambahkan pasta baru. Harga pasta ditoko komputer sekitar Rp 25,000-an, bisa dipakai untuk beberapa kali.
6.Melakukan perbaikan dengan tools bawaan windows yaitu dengan Disk Defragmenter.hardisk akan menata kembali program-program tambahan menjadi tertata dan tidak memberatkan komputer.silahkan boleh di coba dengan cara ini.

5 Responses to "Tips mengatasi komputer panas berlebih/overheating"

  1. laptop saya belum ada 2 bulan kok udah overheat aja yh, suhu processornya bisa mencapai 90 derajat celsius padahal ngga untuk kerja berat, apakah ada kemungkinan itu salah di hardwarenya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya terima kasih sudah mampir di blog ini :) untuk kemungkinan kerusakan di bgian hardware seprtinya belum tjdi.
      .bisa juga di sebabkan karena OS terkena virus ,penggunaan laptop sehari' di tempat yg alas nya tidak ada sirkulasi udara(di kasur misalnya).
      atau fan pada processor terdapat banyak debu.

      Delete
  2. tinggal kasih cool fan aja gan

    ReplyDelete