SELAMAT DATANG HAPPY BLOGGING
Latest Updates

Keadaan jiwa yang terbelenggu


Pada dasarnya hakikat dan tujuan manusia yang paling dituju adalah menuju Kebahagiaan.Konsep bahwa manusia hidup untuk mati itu memang sudah wajar dan tidak bisa dipungkiri lagi.Lantas bagaimana menjadi manusia yang dalam suatu keadaan dan perilaku bisa mengendalikan sebuah pikiran emosial yang lebih tertata?
Semua akan sedikit saya rangkum sekaligus penjabaran berdasar problematika bersumber kan dari pengamatan,penelitian dan kondisi dominisasi perilaku masyarakat sekitar.

Dalam kasus ini tentu akan memuat lebih banyak hal yang menjadi suatu penyebab dari kasus tersebut,oleh karena itu mari kita baca bersama ..
True story of the beginning ....

Hal pertama mengenai kondisi manusia itu sendiri ,bahwasanya jika manusia ingin berpedoman sesuai prinsip ,maka yang dilakukan mereka adalah penyadaran alias mengetahui diri sendiri.ini merupakan dasar yang harus dilalui sebelum mengubah keadaan jiwa mereka. bagaimana itu dilakukan ? Langkah yang mayoritas dilakukan adalah memperbaiki kebiasaan yang membuat otak lamban bekerja sebut saja perbuatan negatif.Hal yang semacam ini tentu manusia harus sadar, baiknya mereka harus mencari tahu dulu suatu efek dan resiko dari kebiasaan tersebut.dengan begitu manusia tidak akan terjeremus dalam perusakan jiwa dan moral dari sebuah kebiasaan.
Namun jika suatu kebiasaan itu sudah tertanam dan sulit dikeluarkan maka hal yang harus dilakukan adalah merehabilitasi tubuh sendiri.Yang dimaksud adalah dengan berfikir terus menerus anggap sebuah depresi tapi tetap berfikir,proses nya yaitu dengan mengubah suatu mindset dalam otak agar berfikir positif dengan cara menanamkan pikiran yang pemberani.

Hal yang kedua sudah masuk dalam pokok pembahasan, tentu kita sebagai manusia yang hidup berdampingan,bekerja sama dan saling membutuhkan satu sama lain maka yang patut harus kita sadari serta ketahui adalah watak perilaku mereka .Adapun langkah itu harus melalui pengamatan dan melihat strukur tubuh manusia yang lainnya agar bisa mengetahui kondisi manusia itu sendiri.Terkadang manusia yang tanpa sadar akan menunjukan watak mereka sendiri tanpa adanya suatu dorongan dari jiwa mereka.Saya sarankan bilamana kejadian itu terjadi maka langkah awal yang harus dilakukan adalah menyimpannya dalam konsep dalam pikiran.Jika itu berhasil maka akan terciptanya kaum-kaum dan individu yang dalam berkelompok sosial terlihat damai.

Kita  cukup tau sebenarnya dalam keseharian saat beraktivitas sosial banyak yang dapat kita ambil serat-serat jiwa sosial mereka yang harus kita pahami.Pahamilah dan amatilah maka manusia akan mendapatkan suatu asumsi secara otomatis lewat pikiran bahwa kamu punya keterikatan yang sama dengan manusia yang saat ini kamu ketahui.
Jauhkan kan pikiran yang membuat anda sebagai manusia merasa tidak nyaman bilamana tanpa sengaja bertemu manusia lain yang tak terduga,Biarkan rasa dalam jiwa diubah menjadi perpindahan jiwa damai ke jiwa yang lebih damai lagi.Sesungguhnya kontrol diri dalam diri manusia itu terbentuk dan dijalankan oleh pikiran manusia itu sendiri.Maka cukuplah berhati-hatilah dalam berfikir ,kecemasan dan kegelisahan yang manusia pikirkan saat ini akan sangat bisa terjadi saat itu juga. Dengan salah satu cara penerapan melalui metode ini yang mungkin kurang terspesifik maka manusia diharapkan untuk tetap santai dalam menghadapi kondisi mental yang kadangkala berubah sangat cepat dan tidak sesuai dengan yang manusia harapkan kemarin.

Metode ketiga atau terakhir yaitu dengan menerapkan" Membentuk kondisi emosional tindakan dan kerangka berfikir tentang berpengetahuan kepada Sang Illahi"
Corak keberagaman di indonesia adalah dihadapkanya beberapa perbedaan Suku,Ras dan Kebudayaan yang berbeda-beda dari setiap wilayah yang ditempatinya atau juga bisa dikenal dengan negara multikultural.Adanya menganut suatu agama sudah menjadi suatu hal yang saat ini wajib bagi manusia itu sendiri di daerah tempatnya tinggal.Kita sejenak lupakan dulu tentang aliran Atheis,Agnostik dll dalam tulisan ini.

Bahwasanya kita manusia yang sudah beragama karena faktor keturunan tentu dalam pikiran kita sudah terbentuk pola pikir mengenai hal yang buruk dan mana hal yang baik, yang sudah diajarkan guru sejak manusia itu ber-proses pendidikan.Dengan cara mengingat Nya dan relaksasi cara ini yang akan diterapkan dalam metode pengendalian jiwa yang ketiga.Dimulai dari mengingat Nya ,siapa yang harus kita ingat? Tentu dia adalah sang pencipta yang Maha Kuasa ALLAH SWT.Kebanyakan dari rata-rata manusia yang beragama telah melupakan Dia ,lupa akan karunia dan pemberian nya,Manusia yang terjerat oleh kesibukan duniawi ,terseret arusnya globalisasi yang semakin akut menerjang tak bisa dipungkiri lagi bahwa Manusia saat itu menganggap Tuhan Telah Mati.

Mengingat nya punya suatu manfaat yang sangat luar biasa jika itu diterapkan. Sebagai contoh manusia yang saat itu sadar bahwa pikiran yang sedang tak beraturan berfikir "aku hidup untuk apa"  "aku cemas hari esok " "pasti hari esok sama" pikiran-pikiran yang begini kerap kali sering terbayang-bayang dalam ingatan manusia itu sendiri.Kondisi otak yang tak stabil bersamaan tidak pernah mengingat Nya maka manusia yang seperti ini akan tumbuh menjadi bibit yang Kelam.Tanpa sadar wujud aura manusia itu menjadi gelap tak beraturan ,dengan adanya sedikit penekan dan masalah maka akan muncul emosi yang tak terarah.

Mengingat Nya, bahwa manusia harus percaya apa yang dianut dalam agamanya dan menerapkan ajaran-ajaran yang sudah termuat dalam kitab suci.Keyakinan penuh dengan menjalankan ajaranya maka jiwa yang kecil kelam akan menjadi jiwa yang bersih dan suci.Dalam wujud nyatanya manusia yang sudah menjalankan metode ini akan merasa tentram menganggap bahwa kehidupan ini adalah suatu hal yang metafisik karena manusia itu sendiri akan berfikir bahwa kehidupan yang sesungguhnya ada dan hanya di akhirat,dalam pancaran tubuh yang dikeluarkan pun berbeda satu orang dengan yang lainya. Manusia yang seperti ini mempunyai attitude yang berbeda ,bilamana orang lain mendekat maka akan cepat terikat satu sama lainya.Tak kan ada lagi sifat kelam dan pandangan yang suram terpancar bila manusia telah ber-proses di metode ini.

Salam.

Jiwa yang damai,moral dan pikiran tak kan pudar ...
Yogyakarta,27 November 2015
                                                                                                                   *Prima Dana

Makrab Fakultas Teknik UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA 2015

Halo selamat malam ,mari sedikit bernostalgia merangkum sebuah cerita sekaligus pengalaman yang sangat-sangat menarik saat mengikuti Makrab(malam keakraban).

Bagiku ini sangat berkesan, tentu karena ini menjadi sebuah pengalaman tersendiri bisa mengurus kegiatan bersama rekan pengurus tiap 1 tahun generasi .
btw,aku saat itu jadi panitia dengan jabatan Sie-Humas ,yah taulah pasti kalian tugas dari posisi saya,mengantar surat ,mencari informasi,cari tanda tangan dosen sampe harus rela nunggu berjam-jam  lah pokoknya yang sistem nya outdor . sungguh mulai bukan ? ada suatu sensasi yang berbeda" feel goods".

Dengan persiapan yang matang dari 3 bulan yang lalu hingga prepare untuk menyusun kegiatan ini ,semangat dan jiwa-jiwa bagai api membara masih terbentuk dari rekan-rekan panitia makrab sampai hari H, inilah yang membuatku respect termotivasi untuk tetap berusaha membantu memaksimalkan kegiatan ini sampai selesai.

Makrab ini bertema "HARMONIKA" yaitu harmonisasi keberagaman dalam satu ikatan keluarga ,jika saya telaah sedikit artinya bahwa dalam makrab ini peserta diharapkan saling menyatu satu sama lain,mereka yang dari sabang sampai merauke menjadi satu keluarga yang menyatu tanpa adanya suatu perbedaan.

Lokasi walau masih sama kayak tahun kemarin yaitu di Gunung api purba yogyakarta tak membuatku merasa mainstream ,ada suatu perbedaan dan perubahan alam sewaktu saya makrab tahun lalu disini.alam sekitar yang semakin terawat dan pembangunan baru yang semakin memperindah area lokasi :D

Sampai sini dulu mungkin sedikit rangkuman dari saya, maaf tak bisa panjang lebar .


Buat Teman-Teman Panitia BEM-HMP TI UPY 2015 KALIAN LUAR BIASA !!!





Bakti sosial HMP-TI UPY 2015 Panti asuhan bintan sa’adilah ar rasyid krapyak Yogyakarta



Halo apa kabar sobat blogger ?
Baik ? iya Alhamdulillah :)


Untuk kali ini ane mau berbagi sebuah tulisan pendek mengenai kegiatan-kegiatan ane selama dalam masa perkuliahan ini, sesuai dengan judul diatas yaitu tentang kegiatan Bakti Sosial dengan tema :
 "Langkah kecil aksi nyata menuju insan ceria"

Hmm..Sebenernya sudah dari dulu ane ingin mempublikasikan kegiatan baksos ini ,mungkin di karenakan banyaknya kesibukkan ane di dunia nyata jadi waktu untuk bermain dengan dunia per-bloggingan jadi sedikit terhambat.
Oke langsung mulai aja ..


"Berbekal dengan sebuah ingatan ..Ku tak kan lupa mengingat setiap goresan senyum canda mereka."

Tanggal 28 juni 2015(masih bulan puasa)
                Tepat pada hari minggu ,kami bersama rekan-rekan sudah siap untuk berangkat ke lokasi panti asuhan tersebut.Panti asuhan dang pondok pesantren bintan saadilah ar’rasyid itulah nama tempat yang akan kami berikan sebuah sumbangan.
Sebuah panti dan ponpes yang beralamat di daerah krapyak wetan bantul Yogyakarta yang kebetulan berjarak  dekat dari kampus ane sekitar 4km an , sehingga tidak terlalu menyulitkan untuk perjalanan bolak-balik dalam membawa perlengkapan-perlengkapan.

Panti dan ponpes yang di huni oleh sekitar 25 anak bersama 3 orang pengasuh,anak-anak dari panti rata-rata masih sekolah dan kebanyakan masih duduk di bangku sd-smp.

Tentu dalam membuat kegiatan ini kami sudah diskusikan dan persiapkan sejak 1 bulan yang lalu ,dari awal penggalangan dana sampai pengumpulan bantuan sumbangan dari rekan-rekan.

Oiyaa..untuk sumbangan ini kami dapat melalui penggalangan dana di area kampus-kampus ane ,keliling dari kampus unit1 sampai unit 3 ,juga melalui publikasi-publikasi lewat media online.
Alhamdulillah.. ternyata masih banyak antusias mahasiswa-mahasiswi  yang masih rela membagi uang jajan mereka untuk kepentingan sosial.

Jam 15:00 wib
Tiba dengan selamat tepat jam 3 sore di panti asuhan,terlihat  senyum ramah mereka menyambut kedatangan kami.sebelumnya sudah ada rekan kami dari si acara dan perkap yang sudah stay disana untuk mempersiapkan apa yang di perlukan dalam acara ini .
untuk konsep dalam bakti sosial ini ane dan rekan-rekan tidak hanya cukup memberikan sumbangan berupa materi maupun bahan makanan pokok tetapi juga memberikan sebuah hiburan-hiburan serta memberikan pembelajaran ,waktu itu pembeljaran tentang teknik dasar desain Corel Draw.sehingga suasana kala itu penuh antusias dan canda tawa mereka.
Tak kalah menarik dari anak-anak panti pun memberikan hiburan juga kepada kami ,yaitu semacam hadroh an dan bernyanyi nuansa islam.

Acara pertama seperti biasa sambutan,sambutan dari ketua hmp,ketua panitia(kebetulan ane sendiri),perwakilan dari panti, yang terakhir sambutan dari kaprodi fakultas teknik ibu marty widya.

Berbagai acara dan hiburan pun sudah selesai ,tiba di waktu maghrib saat buka puasa tiba ,kami mulai membagikan makanan kecil ,sesudah itu sholat maghrib berjamaah dan dilanjutkan lagi dengan makanan besar :D

Acara ditutup dengan penyerahan sumbangan oleh ibu kaprodi dan dilanjutkan sesi foto bersama .

Mungkin Cukup sampai disini ,maaf kalau tulisan ane berantakan ,masih newbie ..


“Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan semua yang telah sama-sama membantu dalam kegiatan ini sampai selesai “ kalian luar biasa !

               





Silahkan isi Formulir di bawah ini,jika ada kritik,pertanyaan dan saran :)


Jangan SPAM !!
primadan

aksi hardiknas oleh hmi cabang jogja raya komisariat upy dan fkip univ pgri yogyakarta

Bertepatan pada tanggal 2 mei 2015 bertepatan pula saat itu adalah hari pendidikan nasional atau hardiknas.
kalau bicara mengenai pendidikan di indonesia saat ini tentu masih dalam tahap uji coba oleh pemerintah ,mengingat setiap pergantian para petinggi negara sistem pendidikan masih terus berubah-ubah ,dari kurikulum lama  ktsp atau apalah itu sampai sekarang belum menemukan suatu titik terang untuk memberi pengajaran yang tepat kepada siswa.
murid diibaratkan sebuah tikus percobaan dalam eksperimen suatu sistem pendidikan yang masih berangsur-angsur sampai sekarang.
mungkin terlihat konyol tentang sistem pendidikan yang selalu berubah ,tapi inilah realitanya.
dari suatu wacana tersebut ,saya selaku kader hmi yang masih junior tentunya ,sangat prihatin tentang kondisi2 sistem pendidikan di indonesia,oleh karenanya pada tanggal 2 mei 2015 di hari hardiknas saya dan kader2 hmi dari beberapa komisariat dan anggota bem dari seluruh universitas di yogyakarta mengadakan aksi untuk menyampaikan beberapa aspirasi2 dan tuntutan kepada petinggi pemerintahan,aksi tersebut kami lakukan di mulai dari jalan abu bakar ,menuju jalan malioboro hingga di pusat titik aksi di titik nol km yogyakarta.
dari aksi itu ,ada beberapa point dan inti penyampaian orasi, salah satunya :
pendidikan di indonesia masih belum merata ,masih banyak masyrakat yang belum bisa merasakan pendidikan sebagaimana mestinya sesuai yang tercantum dalan uud 45 tentang setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan yang layak.
yang kedua ,yaitu tentang semakin mahalnya biaya pendidikan di indonesia ,saya pun sebagai seorang murid merasakan pula efek yang begitu signifikan tiap tahun tentang biaya kuliah  ,hal yang semacam inilah yang mengakibatkan sebagian masyarakat menengah pupus untuk menyekolahkan anaknya karena keterbatasan biaya.
mengapa hanya orang2 yang punya modal yang bisa merasakan pendidikan ,bagaiamana masyarakat menengah yang di sana ?pemerintah tentu harus sadar betul tentang hal ini ,terlalu banyak potensi2 yang terpendam yang tak tersalurkan karena mahalnya suatu sistem pendidikan.
yang ketiga saya tidak akan menjelaskan banyak ,yaitu mengenai tuntutan berlakunya masa kuliah yang hanya 5 tahun ,tentu itu sangatlah membatasi mahasiswa dalam proses mencari suatu idealisme nya  ,akan banyak lahir lulusan orang2 yang akan di tuntut untuk menjadi suatu orang kapitalis di suatu lingkup lembaga.
maka dari itu sangat menolak tentang keputusan tersebut.
Sebetulnya masih banyak point saat aksi berlangsung ,seperti pemilihan guru2 yang berkualitas ,pelenyapan orang kapitalis pendidikan dll ,belum bisa saya tulis banyak untuk saat ini.
Terima kasih :)
hmi jogja raya

ormawa gabungan diy
 

Kapitalisme yang berkuasa

Wacana yang bersumber dari penjelasan kecil dari sebuah diskusi ringan ,ditetapkan nya sebuah Judul 'KAPITALISME YANG BERKUASA'
Ketika membaca atau mendengar tentang kapitalisme pasti akan langsung timbul sebuah pemikiran yang arah dan maksut langsung merujuk pada masyarakat kaum konglomerat dengan harta dan hak-hak pribadinya sendiri. 

Lantas apa pengertiannya tentang kapitalisme ?teori-teori,pengertian dan gagasan tentang kapitalisme akan sangat banyak bila kalian cari di mbah google.Tak ada ikatan,Semua bebas memberikan sebuah pengertian nya sendiri tentang arti dari Kapitalisme ,karena istilah kapitalisme sendiri dengan persepsi yang mengandung banyak versi yang bersumber dari berbagai teori.

Saya sendiri menyebut istilah kapitalisme adalah sebuah sistem ekonomi yang pada hakikaktnya telah banyak dikuasai oleh kaum borjuis dengan segala aspek-aspek kepemilikan atas alat-alat produksi yang tujuan nya antara lain untuk menguasai pasar modal dan meraih keuntungan yang sebesar-besarnya.

Sungguh miris bila kita mengamati keadaan ekonomi di indonesia,kita sangat tahu ekonomi yang katanya sudah masuk ke rovolusi ekonomi politik modern tapi nyatanya apa? Indonesia dengan sebuah negara yang kaya akan sumber alam dan pusat sumber bahan baku komponen penting dunia tidak sepenuhnya di kelola oleh masyarakat kita sendiri melainkan diserahkan oleh kaum-kaum pemilik modal asing,kenapa bisa begitu ?mau sampai kapan negara yang kaya ini sistem alur ekonominya masih seperti ini.Sebuah Fenomena pembodohan oleh bangsa barat dan orang-orang materialisme yang selalu merasa tidak sanggup untuk melakukan perubahan kepada bangsanya sendiri.
Negara yang katanya sudah Merdeka tapi tanpa sadar sudah dijajah kembali melalui sebuah ekonomi politik asing.lantas tak bisa di pungkiri kalau dengan pemikiran yang seperti itu kita di indonesia sekarang ini menyebut istilah kapitalisme dengan konotasi etis yang negatif.

Tapi sejalan dengan matangnya kapitalisme menurut teori Marxsis,proses proletarianisasi makin meningkat, dimana makin banyak bagian dari golongan borjuasi menjadi kaum proletariat,karena mungkin disitu telah terjadi sebuah proses konsentrasi dan sentralisasi kapital.

Sebagai masyarakat netral timbul harapan tentang kemampuan kapitalisme yang selalu dianggap dengan pesepsi yang negatif berubah menjadi kemampuan kapitalisme untuk menciptakan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat luas sampai ke lapisan bawah.

Capitalism!
*Mungkin cukup sampai disini ,sebuah basa-basi ringan yang kadang tak terucap.dan dengan lewat blog ini ungkapan dari pemikiran saya bisa tertuliskan secara tekstual.(diary)

Pelantikan Calon Pengurus BEM-HMP Fakultas Teknik Universitas Pgri Yogyakarta 2014-2015

Sebagai sebuah catatan untuk kembali merangkum Kegiatan kemarin Tepatnya pada tanggal 13-April-2015 di Ruang Multimedia Gedung A di Kampus UPY Telah dilaksanakanya Proses Pelantikan calon pengurus baru BEM dan HMP Fakultas Teknik Periode 2014-2015.

Acara tersebut dimulai jam 08.00 wib dihadiri oleh beberapa tamu undangan ,Bapak Dekan,ibu dosen,bapak wakil rektor bidang kemahasiswaan dan prisma waprisma.Semua mengikuti jalannya acara dengan Khidmat dan kondusif ,Terutama saat bapak wakil rektor menyampaikan sebuah motivasi dan pentingnya sebuah organisasi ataupun himpunan di kalangan Mahasiswa di era sekarang.

Di pengurusan yang baru ini semoga Aku dan teman-teman yang sekarang telah di lantik dan resmi menjadi salah satu kepengurusan organisasi intern kampus ,untuk kedepannya bisa membuat suatu perubahan dan gejolak bagi kemajuan bersama terutama di lingkup kampus Fakultas Teknik. Amin..

#Sebuah tulisan yang sekedar untuk mengisi waktu-waktu luang di saat mentari mulai menyinari bumi bersama secangkir kopi pagi :D



Cara Membuat Folder Rahasia Tanpa Software

Halo sobat  blogger..udah lama gak nulis nih setelah sekian lama disibukkan dengan urusan dunia nyata .oke Langsung saja.
Untuk kali ini saya akan berbagi tips simple tentang Cara untuk membuat sebuah Folder Rahasia yang disembunyikan .dan cara untuk menampilkan Folder tersebut harus mengisi Sebuah Password yang kita bikin sendiri.
Berikut caranya :

1.Buat Sebuah Folder baru terserah agan .di D/ atau di C/ diberi nama Rahasia .
2.Masuk pada folder yang agan baru buat tersebut lalu buat sebuah text document dengan cara klik kanan "New Text Document''
3.Buka Text tersebut dan masukkan Script yang ada di bawah ini :



 Quote:
Quote: cls
@ECHO OFF
title Folder Berkas
if EXIST "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" goto UNLOCK
if NOT EXIST Berkas goto MDLOCKER
:CONFIRM
echo Are you sure you want to lock the folder(Y/N)
set/p "cho=>"
if %cho%==Y goto LOCK
if %cho%==y goto LOCK
if %cho%==n goto END
if %cho%==N goto END
echo Invalid choice.
goto CONFIRM
:LOCK
ren Berkas "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
attrib +h +s "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
echo Folder locked
goto End
:UNLOCK
echo Enter password to unlock folder
set/p "pass=>"
if NOT %pass%== PASSWORD goto FAIL
attrib -h -s "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
ren "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" Berkas
echo Folder Unlocked successfully
goto End
:FAIL
echo Invalid password
goto end
:MDLOCKER
md Berkas
echo Berkas created successfully
goto End
:End


4.Jangan lupa ganti Tulisan PASSWORD yang warna merah itu dengan Password buatan agan sendiri ,contoh ganti menjadi "2222" Kemudian Save as dengan nama dengan type file menjadi Lock.bat.
Save As nya di dalam folder tadi ya..
  


 5.Klik pada Lock.bat nanti akan muncul perintah "Command Prompt" ,yang mengharuskan sobat untuk mengisikan sebuah Password.
Masukkan password telah dibuat di step sebelumnya tadi.Setelah memasukkan Password maka akan muncul sebuah Folder baru dengan Nama "Berkas"
Berikut penampakanya :

Itu Folder yang sobat bisa gunakan untuk menyimpan File-file yang bersifat Rahasia.Dan  untuk menyembunyikan Folder Berkas tersebut,Sobat tinggal meng Klik lagi Lock.bat, Maka akan muncul perintah untuk menyembunyikan Folder tersebut.Ketikkan " Y "  Kemudian enter.
Dan taraaa Folder dengan Nama "Berkas" telah tersembunyi.

6.Untuk menampilkan Folder yang tersembunyi ,caranya sama dengan langkah sebelumnya yaitu dengan Klik Lock.bat.

7.Oke sekian tutorial dari saya .Semoga Bermanfaat :)




Cara merawat komputer dari segi software dan hardware


Komputer di era sekarang merupakan perangkat yang sudah sangat penting dan pokok bagi khalayak umum seperti kita-kita ini . tapi siapa sangka di setiap kita menggunakan komputer setiap hari berjam-jam kita kadang lupa dengan perawatan dan memaintenance komputer tersebut. nah dari kelalain tersebut yang berdampak pada timbulnya permasalahan seperti lambatnya atau menurunnya kinerja komputer, bahkan bisa timbul kerusakan.
Untuk menghindari permasalahan tersebut ,kita sebagai user yang peduli akan dampak dari penggunaan komputer tanpa maintenance/perawatan, hendaknya kita sadar untuk selalu rajin merawat komputer yang kita gunakan ini secara Hardware maupun software secara berkala.

Di sini akan di jelaskan beberapa cara merawat komputer secara harware dan software .
A.SECARA SOFTWARE
ada banyak cara yang digunakan untuk perawatan komputer secara software ,seperti berikut :


1.Bersihkan recycle bin secara teratur
Sebenarnya file/folder yang kita hapus tidak langsung hilang dari harddisk karena akan ditampung dahulu di Recycle Bin. Hal ini dimaksudkan agar apabila suatu saat Anda masih membutuhkannya dapat mengembalikan lagi. Recycle Bin yang sudah banyak juga akan menyita ruang harddisk yang dapat menyebabkan pembacaan harddisk jadi lelet.
Dapat juga melakukan penghapusan permanen (yang tidak muuncul di recycle bin) dengan cara menekan tombol Shift+Del secara bersamaan, konfirmasi YES.

2.Melakukan Deffragmenter harddisk secara berkala.
Tools ini kadang dilalikan bagi para pengguna komputer ,padahal dengan melakukan defrag pada hardisk secara berkala akan berpengaruh pada kondisi komputer saat itu.
Fungsi defrag adalah untuk menata dan mengurutkan file – file harddisk berdasarkan jenis file/data sedemikian rupa sehingga akan mempermudah proses read/write sehingga beban kerja akan lebih ringan yang akhirnya dapat memperpanjang umur harddisk.

3.Update Anti Virus
Adanya virus dapat menyebabkan lambatnya akses pada komputer dan rusaknya system atau data. Bahkan dalam kondisi ekstrim dapat menyebabkan komputer macet/hang/Not Responding. Kalau sudah hang tidak ada cara lain selain menekan tombol Restart pada CPU. Apabila ini sering terjadi otomatis CPU sering mati tanpa proses ShutDown yang berarti akan memperpendek umur komputer khususnya Harddisk. melalui media flashdisk virus ditularkan dan Internet bagi PC yang sering terkoneksi Internet. Selain itu tips pemilihan anti virus yang kurang tepat juga dapat mempengaruhi kinerja komputer.

4.Unistall Program yang tidak diperlukan
Cara ini akan meningkatkan performa komputer ,karena program yang terlalu banyak di install hanya akan membuat komputer bekerja lebih berat.jadi lebih baik unistall program yang dirasa tidak begitu di perlukan.

5.Download software Aplikasi perawatan komputer/maintenance
Dengan aplikasi ini akan  lebih di permudah dalam merawat komputer dari sisi software ,saran aplikasi yang recommended seperti Tune up Utilitis,Clean up dll.

B.SECARA HARDWARE

1.Pembersihan Motherboard secara berkala.
Jika anda pengguna PC pastilah hal ini harus dilakukan untuk memulai perawatan pada bagian ini.
Buka casing PC kmudian Bersihkan debu yang ada di motherboard peripheral lainnya. Pembersihan bisa menggunakan sikat halus (kuas cat). Karet penghapus untuk membersihkan Ram .
Lakukan ini selama enam bulan sekali

2.Cek Fan
Pada dasarnya hampir seluruh sistem pendingin yang disertakan bersama paket pembelian processor (pendingin default) sudah mencukupi kebutuhan proses pendinginan processor. Namun jika anda pengguna antusias atau sering menggunkan komputer dengan kinerja tinggi, ada baiknya untuk menambah sitem pendingin dengan yang lebih baik.

3..Listrik tidak stabil.
Hal ini akan menyebabkan komputer mati secara mendadak tanpa proses Shutdown. Selalu monitoring kondisi listrik di rumah anda, jika berada pada daerah yang sering terjadi pemadaman listrik (kebanyakan luar jawa) harap menggunakan UPS untuk mengantisipasinya.
*Gunakan Stavolt dan UPS
* Gunakan powersupply berkualitas

4.Menempatkan Komputer pada tempat dengan aliran sirkulasi udara yang baik. Hal ini sangat diperlukan untuk menghindari terjadinya overheat hardware komputer.

5.Power Supply
Perawatan pada power supply dilakukan untuk memperpanjang usia power supply.
1. Membersihkan debu atau kotoran yang ada dalam power supply dan casing power supply tersebut.
Kotoran di dalam power supply dan casing terkadang menyebabkan kipas macet. Bersihkan power supply dengan menggunakan kuas, terutama pada bagian ventilasi power supply. Buka casing power supply dan bersihkan bagian dalam power supply dengan menggunakan kuas secara berkala.

6.Jangan meletakan casing dekat ventilasi udara.
Sirkulasi udara di dalam ruangan yang masuk melalui ventilasi udara lembab, halini mengakibatkan suhu dalam casing menjadi lembab dang mengakibatkan kaki – kaki komponen menjadi berkarat.